Sejarah Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya Pada penggunaan Media Pembelajaran

A.Sejarah Perkembangan IPTEK
    Pengetahuan ilmu pengetahuan memberikan dampak yang besar dalam
penemuan baru di bidang teknologi. Pada akhir abad ke-15 muncul gerakanyang bertujuan mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang dikenal dengan istilah renaisans, yaitu suatu gerakan yang ingin melahirkan kembali kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno. Renaisans menjunjung tinggi kemampuan manusia, baik cara berfikir atau menemukan dan menciptakan. Dengan adanya gerakan ini, semua orang bebas berfikir untuk menghasilkan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Selain gerakan renaisans, juga muncul gerakan yang disebut dengan
humanisme, yaitu suatu gerakan yang bertujuan mempelajari dan
mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan untuk diabdikan bagi
kepentingan manusia.Memasuki abad ke-18, ilmu pengetahuan berkembang pesat hingga abadini sering di sebut dengan abad pemikiran. Abad ke-18 merupakan abad penemuan berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan alam,
ilmu pengetahuan sosial, maupun teknologi.
   Penemuan di bidang teknologi merupakan awal abad teknologi yang
membawa dunia berkembang dengan lebih jauh dan lebih cepat dari masa
sebelumnya. Bersamaan dengan itu, pertumbuhan bangsa-bangsa dan segala
peradabannya juga melaju dengan cepat sehingga abad ke-21 manusia mampu
menciptakan berbagai peralatan dan teknologi canggih. Pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjalan pesat mendorong berkembangnya berbagai macam industri di berbagai negara, termasuk Indonesia.Di Indonesia, ilmu pengetahuan dan teknologi mulai berkembang sejak masa kolonial Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi padamasa kolonial Belanda ini ditandai dengan berdirinya perusahaan swasta asing, misi keagamaan dan pendidikan Barat. Semuanya itumerupakan bagian dari eksploitasi ekonomi.Teknologi modern barat memperkenalkanteknologinya yang pertama dengan melalui pabrik gula. Modernisasi teknologi tersebut kemudian
menyebar ke sektor lainnya seperti pada galangan kapal, pertambangan batu
bara, timah, gas, dan minyak bumi.
Sejak pertengahan abad ke-19, perkembangan ilmu pengetahuan barat telah tersebar di Indonesia dengan melalui pembukaan sekolah-sekolah barat bagi penduduk bumiputra.

B.Pengaruh Pada Pengunaan Media Pembelajaran

  Definisi IPTEK ialah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri. 

  IPTEK mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, dengan IPTEK media pembelajaran digital dapat dilakukan. Sehingga media pembelajaran berbasis teknologi merupakan hal yang sangat membantu di era ini.

  Dengan teknologi yang ada, media pembelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik sehingga dapat terjalinnya proses yang interaktif antara guru dengan siswa, yang dapat meningkatkan tercapainya tujuan pembelajaran. 

  Dengan teknologi, proses belajar mengajar juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga dan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.  

  Dalam dunia pendidikan media pembelajaran secara umum dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu media visual, media audio, dan  media audio-visual. Dengan perkembangan IPTEK, masyarakat dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kompetensinya, sehingga manusia dapat menyeimbangkan dirinya di zaman modern. 

  Perkembangan IPTEK, akan berdampak terhadap perkembangan media, baik berdampak positif maupun negatif. Perkembangan IPTEK mengakibatkan semua manusia berlomba-lomba untuk dapat menggunakan teknologi dengan baik, agar tidak ketinggalan zaman.

Dampak Positif 

     Beberapa dampak baik yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan perkembangan Iptek di kehidupan sehari hari dalam bidang pendidikan yaitu :

1. Semua pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dimana pun ia berada, akan sangat mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan.Dengan syarat asalkan dia punya smartphone, laptop, jaringan internet, serta infrastruktur penunjang lainnya.

2. Para peserta didik, pelajar, mahasiswa yang terlibat di dalam pendidikan akan banyak membuat, memunculkan, serta berinovasi hal hal baru.

3. Pelajar dan mahasiswa serta guru maupun dosen dalam mengajar di pendidikan akan terbantu dengan adanya kemajuan teknologi.Mereka akan bisa mengkolaborasikan atau mengabungkan antara sains dan teknologi ke dalam satu kesatuan, yang terus berinovasi dan berkarya.

4. Dengan mudahnya sekarang pelajar, mahasiswa menerima informasi atau materi pembelajaran. 

Dampak Negatif:

Beberapa dampak buruk atau negatif yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan perkembangan Iptek di kehidupan sehari hari dalam bidang pendidikan yaitu :

1. Disinilah dampak dari kemajuan itu, pelajar, mahasiswa akan terbiasa dan menjadi kebiasaan atau habitus terhadap budaya yang instan.

2. Akan memunculkan berbagai aktivitas mencurigakan, kejahatan cyber di dunia maya dalam kemajuan teknologi.

Misalnya saja di bidang pendidikan, bisa saja seseorang akan memanipulasi hasl ujian yang dilakukan secara online, dan contoh lainnya. 

3. Dengan kemudahan, dan dimanjanya peserta didik, akan membuat peserta didik lalai dalam mengerjakan tugas, pr, atau pekerjaan di sekolahnya.palagi karena ia akan sibuk dengan smartphone bermain media sosial hingga tidak kenal waktu, sehingga melupakan kewajiban mengerjakan tugas.

4. Akan masuknya berbagai budaya baru di kehidupan pelajar, mahasiswa yang memberikan pengaruh akan hilangnya suatu budaya lokalloka

Sumbernya:

https://id.scribd.com/document/431881535/Sejarah-Perkembangan-Iptek-di-Indonesia

https://pemalang.pikiran-rakyat.com/edukasi/pr-2403420136/mengenal-sejarah-panjang-perkembangan-iptek-di-indonesia

http://Sosiologi.info



 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Degradasi Moral Pelajar Masa Kini

BUNGA RAFFLESIA

PERANGKAT LUNAK ATAU SOFTWARE

Waspadai Pergaulan Bebas Bagi Generasi Bangsa

MENGENAL COVID-19